Friday, August 26, 2011

SLR / DSLR atau Poket ?

Jaman sekarang lagi ngetren yah kamera SLR / DSLR , kamera poket aja lewaat hihi . Bagi yang belom ngerti apa sebenernya SLR / DSLR wajib baca nih :p

Kamera SLR singkatan dari Single Lens Reflex , kalo ditranslate bahasa Indonesia artinya Kamera Refleks Lensa Tunggal . Nah kalau DSLR tinggal tambah aja depannya kata Digital jadinya Digital Single Lens Reflex atau Kamere Refleks Lensa Tunggal Digital.
kamera DSLR
Nah, kalo kamera saku ( poket ) apa ? Kalau kamera saku sih bukan singkatan , kamera saku itu adalah kamera yang berukuran kecil yang bisa dibawa kemana aja dan masuk ke dalam kantong saku . Kamera saku-pun sekarang sudah banyak yang jenis digital malah yang analog sekarang udah nggak jaman .

kamera poket analog dan digital

Lalu apa yang membedakan kamera SLR/DSLR dengan kamera saku?
Faktor Kualitas
Kalau kamera SLR/DSLR itu istilahnya “What You See is What You Get” yang artinya apa yang dilihat akan sama dengan aslinya, kalau kamera poket ya sebaliknya; apa yang diihat hasilnya belum tentu sama dengan aslinya.
Kalau menurut versi Wikipedia sih gini; Kamera refleks lensa tunggal‎ (en:single-lens reflex (SLR) camera) adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat , yaitu Focal Plane dan Viewfinder , sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya . Hal ini berbeda dengan kamera non-SLR , dimana pandangan yang terlihat di viewfinder bisa jadi berbeda dengan apa yang ditangkap di film , karena kamera jenis ini menggunakan jajaran lensa ganda , 1 untuk melewatkan berkas cahaya ke Viewfinder , dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane .
Faktor Fungsi
Kalau SLR/DSLR biasanya dipakai oleh para fotographer profesional , dengan kamera SLR/DSLR-nya mereka dapat menghasilkan income yang lumayan besar , seperti fotographer Wedding/Prewedding . Setiap ada acara wedding fotographer pasti menggunakan sejelek-jeleknya kamera SLR/DSLR , karena kalau motretnya pake kamera saku wah …. Namun jangan salah , kamera saku-pun dapat menjadi income yang lumayan besar .
Kalau kamera saku ( poket ) biasanya cuman buat iseng-iseng mengabadikan moment-moment yang penting , selain itu karena kamera saku itu mungil sehingga mudah dibawa kemana saja , beda dengan kamera SLR/DSLR yang besar dan berat .
Faktor Harga
Kamera SLR/DSLR harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga kamera saku , dan tentu saja harga menentukan kualitas semakin mahal harga sebuah kamera maka fiturenya akan semakin lengkap . Dan harga kamera saku-pun bervariasi mulai dari yang mahal sampai yang murah .
Nah gimana ? Sekarang udah ngerti kan ? :)


sumber : 
sumber gambar :

4 komentar:

Shafira Zahra said...

aku malah pengen kamera lomo mbak :D

Ranty Febrina . S said...

hahaha kalo udah beli pinjem yah :p

Shafira Zahra said...

yaaah nabung dulu , masih lama sampe celengan babiku penuh . wkwk

Ranty Febrina . S said...

sabar yah deek :D